SEKTOR RIIL

Ini yang Akan Dilakukan Kemenperin untuk Dorong Pengembangan Produk Fashion

Ini yang Akan Dilakukan Kemenperin untuk Dorong Pengembangan Produk Fashion.

Indonesiaryakini.com, Jakarta – Menperin RI Airlangga Hartarto hadir dalam pembukaan “Pameran Wastra Tenun Nusantara” bersama Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Hj. Mufidah Jusuf Kalla, di Plasa Pameran Industri, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI.

“Pameran ini hasil kerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional yang sudah terjalin untuk ke Sembilan kalinya,” kata Menperin RI Airlangga Hartarto di Jakarta, Selasa (9/8/2016).

Menurut Airlangga, potensi tenun tersebar hampir merata di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari kain Tenun Ulos di Sumatera Utara, Tenun Troso di Jepara, Tenun Endek di Bali hingga tenun Rote.

“Pada tahun 2015 secara umum, produk fashion Indonesia telah berhasil memperoleh pangsa pasar yang besar di skala global dengan nilai ekspor mencapai USD 7,28 miliar,” katanya.

Airlangga menambahkan, kemenperin terus mendorong pertumbuhan dan pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Tenun melalui berbagai pembinaan yang berawal dari bimbingan teknis, bantuan ‘start up’, mesin peralatan, pemberian dampingan tenaga ahli, hingga pemasaran.

“Dukungan promosi tenun juga terus dijalankan melalui penyelenggaraan ‘Swarna Fest’ secara berkesinambungan, kegiatan ini nantinya akan bekerja sama dengan desainer professional yang fokus pada pengembangan tenun,” kata Airlangga.

Selain itu, Kemenperin juga akan mengeksplorasi ragam motif di belahan nusantara dan mempromosikan berbagai macam warna alam yang saat ini menjadi trend dalam fashion, sehingga mengarahkan IKM Tenun untuk menjadi industri yang ramah lingkungan.

Menperin berharap, pameran ini dapat menjembatani IKM dengan para desainer agar Wastra Tenun Nusantara bisa Berjaya di Indonesia, bahkan di pasar dunia. (rin)