DEPOK

Calon Jamaah Haji Kloter 19 Resmi Dilepas Wakil Walikota Depok

Calon Jamaah Haji Kloter 19 Resmi Dilepas Wakil Walikota Depok.

Indonesiarayakini.com, Depok – Pelepasan calon jamaah haji yang tergabung kelompok terbang (Kloter) 19 resmi dilepas oleh Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna yang berlangsung di Masjid Balaikota Depok, Senin (15/8/2016). Sebanyak 443 jamaah akan diberangkatkan ke tanah suci pada esok hari Selasa (16/8/2016) dari asrama embarkasi pukul 07.30 WIB.

Kegiatan penuh haru ini dihadiri oleh Kepala Kementrian Agama Kota Depok, Kepala Majelis Ulama Indonesia Kota Depok, Eksbangsos, dan Asisten tata praja Kota Depok serta para jamaah dan pengantarnya.

Pradi mengatakan keberangkatan selanjutnya pada tanggal 20 Agustus dari kota Depok akan mengirim 444 jamaah dan 31 Agustus sebanyak 100 jamaah.

“Setelah itu, untuk kloter terakhir akan memberangkatkan sekitar 64 jamaah. Sementara itu, untuk jamaah yang berangkat esok semuanya sudah memenuhi persyaratan, baik secara administrasi maupun kesehatan,” ujarnya.

Dirinya menganggap pelaksanaan ibadah haji pada tahun ini sudah tercapai dengan baik atas segala bantuan dari pihak-pihak yang terlibat. Dirinya juga berharap di tahun selanjutnya akan lebih baik lagi, “karena saat ini yang masih waiting list untuk berangkat ke tanah suci sekitar 23 ribu calon jamaah,” papar laki-laki kelahiran Depok itu.

Di samping itu, menurut data yang dipaparkan pada tahun ini akan mengirimkan 1.293 jamaah dari kota Depok. Hal tersebut dilakukan karena saat ini mulai memberlakukan peraturan yang ketat sehingga tidak semua para jamaah calon haji dapat berangkat. Selain pengurangan jumlah jamaah, kelengkapan visa dan paspor serta kesehatan pun turut diutamakan.

“Mengingat cuaca ekstrim yang terjadi di tanah suci saat ini seperti cuaca panas yang mencapai 45˚ C maka seluruh jamaah di imbau untuk tetap menjaga kesehatan dan melakukan vaksinasi meningitis,” imbaunya.

Namun, lanjutnya, untuk mengatasi permasalahan kesehatan di tanah suci nanti, Kementrian kesehatan sudah mempersiapkannya.

Terakhir, dirinya berpesan dan berharap kepada seluruh calon jamaah untuk saling berdampingan dan tidak melepaskan satu sama lain.

“Sehingga pulang ke tanah air kembali dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur dan mabruroh. Tak lupa untuk mendoakan kami yang belum sempat pergi ke tanah suci untuk segera melaksanakan ibadah kesana dan berkunjung ke makam rasulullah,” pungkasnya. (tim/res)