DEPOK

SDIT Al Haraki Depok Juara Pertama Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional

SDIT Al haraki Juara Lomba Sekolah Sehat

Indonesiarayakini.com, Depok – SDIT Al Haraki Depok berhasil meraih Juara Pertama Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional. Penganugerahan pemenang LSS Tingkat Nasional berlangsung di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Kavling 86, Jakarta Pusat, Kamis (18/8/2016). Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna selaku Ketua TP UKS Kota Depok, hadir dalam acara tersebut.

Adapun pemenang lomba sejumlah 24 sekolah yang berasal dari tingkat TK hingga SMA dari 24 provinsi di Indonesia. Terdapat 2 (dua) kategori dalam LSS Tingkat Nasional, yakni Kategori Sekolah dengan Kinerja Terbaik/Best Performence (juara 1 s/d 3) dan Kategori Sekolah dengan Pencapaian Terbaik/Best Achievment (juara 1 s/d 3 ).

Seperti dikutip Halloapakabar.com, SDIT Al Haraki Depok, dengan Puskesmas Pancoran Mas sebagai puskesmas pembina, serta tim pembina dari TP UKS Provinsi Jawa Barat, TP UKS Kota Depok dan TP UKS Kecamatan Pancoran Mas, berhasil meraih Juara I Kategori Kinerja Terbaik/Best Performence Tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan mendapat uang pembinaan sebesar 35 juta rupiah.

Sejak tahun 1984 dengan dikeluarkannya SKB 4 menteri (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Kesehatan, Kementrian Agama dan Kementrian Dalam Negeri), program UKS mulai diterapkan secara terintegrasi dalam lintas sektor terkait, yang selanjutnya pada tahun 1991 dilakukan Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional.

Pada tahun 2014, SKB 4 Menteri tersebut direvisi menjadi Peraturan Bersama 4 Menteri dimana terdapat penambahan kata madrasah, menjadi Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M).Penilaian LSS Tingkat Nasional Tahun 2016 dilaksanakan pada 18 April-28 Mei 2016. Lomba diikuti oleh 24 provinsi yang terdiri dari 22 TK/RA, 24 SD/MI, 24 SMP/MTS dan 24 SMA/SMK/MA.

Pembinaan kesehatan untuk UKS/M anak usia sekolah yang berada di TK/RA dan SD/MI lebih banyak diarahkan pada upaya kebersihan perorangan seperti sikat gigi dan cuci tangan dengan sabun sebelum makan. Item penilaian dalam LSS Tingkat Nasional antara lain Trias UKS dan sarana prasarana Sekolah, pengetahuan dan sikap peserta didik, upaya dan komitmen Kepala Sekolah, serta Kinerja Tim Pembina UKS.

Trias UKS meliputi kantin sehat, jamban saniter sesuai dengan rasio jumlah peserta didik, penyediaan sarana cuci tangan pakai sabun, penyediaan dan pengelolaan sampah, penyediaan sarana air bersih, kebersihan dan kondisi yang memenuhi persyaratan kesehatan bagi ruang kelas, ruang guru, perpustakaan, ruang ibadah, ruang UKS serta kegiatan-kegiatan terkait Trias UKS.

Pengetahuan dan sikap Peserta didik, meliputi pengetahuan dan sikap tentang UKS, PHBS, kesehatan reproduksi, imunisasi, penyakit menular dan tidak menular, pemberantasan sarang nyamuk, gizi seimbang, penghindaran kekerasan dan lainnya.

Kinerja tim Pembina UKS Tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi dalam upaya mengembangkan dan membina UKS pada jenjang dan wilayah kerja meliputi perencanaan kegiatan, koordinasi, pelaksanaan pembinaan, pembuatan kebijakan terkait pembinaan dan pelaksanaan UKS, inovasi kegiatan UKS, pemantauan dan pecatatan serta laporan dan lainnya.Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna mengucapkan selamat atas prestasi yang berhasil di raih SDIT Al Haraki.

“Capaian yang berhasil diraih SDIT Al Haraki yakni Juara I Lomba Sekolah Sehat Kategori Kinerja Terbaik atau Best Performance, menjadi kebanggaan buat kita semua. Ini berhasil diraih bukan semata karena kondisi sapras sekolah yang mendukung PHBS di sekolah, tapi juga karena ada unsur lain yakni perilaku siswa-siswi sekolah tersebut yang menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Sekolah sehat tidak hanya tercermin dari kondisi fisik tapi juga dari perilaku mulai dari siswa, guru sampai kepala sekolah,” ujar Pradi selaku Ketua TP UKS Kota Depok.

Dirinya juga mengungkapkan, prestasi ini diraih berkat kerjasama serta dukungan dan komitmen dari berbagai pihak, diantaranya Puskesmas Pancoran Mas sebagai puskesmas pembina, serta tim pembina dari TP UKS Kecamatan Pancoran Mas, TP UKS Kota Depok, dan TP UKS Provinsi Jawa Barat.

“Mudah-mudahan ini menjadi semangat dan inpirasi buat kita semua, agar kita senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat, bahwa kesehatan dimulai dari diri kita sendiri,” ujar Pradi. (odg)