SEKTOR RIIL

Ciptakan Stabilitas Harga, Kemendag Tetapkan Tujuh Komoditas Pangan

Enggartiasto Lukita, Menteri Perdagangan.

Indonesiarayakini.com, Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengeluarkan peraturan baru tentang penetapan harga acuan tujuh komoditas pangan, meliputi beras, jagung kedelai serta gula, bawang merah, cabai, dan daging sapi. Regulasi tersebut dikeluarkan setelah Kemendag membahasanya bersama pihak terkait.

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan aturan baru tersebut bertujuan untuk memangkas serta menciptakan stabilitas harga pangan. Dia berharap skema baru tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan petani, menguntungkan pedagang dan konsumen. “Tidak ada yang dirugikan,” ungkapnya di Jakarta, Kamis (15/9/2016).

Penetapan tujuh komoditas pangan ini tertuang dalam Permendag Nomor 63/M-DAG/PER/09/2016 tentang Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen. Penetapan ini sekaligus sebagai tindak lanjut amanat Perpres No. 71 Tahun 2015 tentang Penetapan dan Penyimpanan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting.

Dalam Permendag ini, ditetapkan dua jenis harga acuan untuk tiap komoditas, yakni harga acuan pembelian di tingkat petani dan harga acuan penjualan di tingkat konsumen. Harga acuan ini akan berlaku selama 4 bulan dan akan dievaluasi sesuai kondisi yang berkembang. (one/fkb)