LIFESTYLE

Kurang Sadarnya Masyarakat Akan Kesehatan, Sebabkan Kematian Dini

Kurang Sadarnya Masyarakat Akan Kesehatan, Sebabkan Kematian Dini.

Indonesiarayakini.com, Jakarta – Kebanyakan orang tidak sadar bahwa penyakit tidak menular seperti stroke, hipertensi dan jantung yang mereka derita saat usia produktif disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik. Lebih parahnya, penyakit ini tak lagi alami oleh para lansia tetapi sudah merambat kepada usia dibawah 45 tahun.

Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan, drg. Kartini Rustandi mengatakan, bahwa tahun 2013 terjadi peningkatan kematian yang disebabkan oleh penyakit tidak menular ini.

“Kurangnya aktivitas fisik adalah salah satu penyebab penyakit tidak menular. Hasil riset pada tahun 2013 presentasenya sebasar 26,1 persen,” terang Kartini di JW Marriott Hotel, Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Bukan hanya kurang aktivitas fisik, di Indonesia 93,5 persen anak usia dibawah 10 tahun itu kurang konsumsi buah dan sayur, kemudian merokok sebesar 36,3 persen dan minum minuman beralkohol sebesar 4,6 persen.

Kartini mengungkapkan bahwa delapan dari 10 orang di Indonesia kurang aktivitas fisik dan berakibat pada tingkat obesitas Indonesia menduduki peringkat 10 di dunia. Hal lain ialah kurangnya konsumsi buah dan sayur menyebabkan satu dari tiga bayi di Indonesia mengalami Stunting.

“Aktivitas fisik adalah suatu gerakan tubuh yang mengeluarkan energi dan penting bagi kita,” tuturnya.

Oleh sebab itu, perlu dibangun semangat hidup sehat. Kemenkes pun sudah meluncurkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang tujuannya adalah membangun pola hidup sehat. (cze/hkb)