NUSA TENGGARA

Obat Kuat dan Berbahaya, Dijual Bebas di Jembrana

Obat Kuat dan Berbahaya, Dijual Bebas di Jembrana.

Indonesiarayakini.com, Jembrana – Informasi yang menyebutkan banyaknya obat kuat dan obatan berbahaya yang dijual bebas di Jembrana mendorong tim Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menggerebeg sebuah apotek di Jembrana. Dalam penggerebegan Kamis (6/10/2016) sore ditemukan sejumlah obat kuat dan obat lain yang mengandung bahan kimia berbahaya.

Sejumlah apotek di pinggir jalan Denpasar-Gilimanuk, Kamis (06/10/2016) malam di grebeg tim BPOM Denpasar serta petugas Dinas Perindagkop Jembrana.

Pada salah satu apotek, petugas menemukan puluhan kotak obat kuat. Juga ditemukan obat tradisional yang dilarang edar karena mengandung bahan kimia berbahaya.

Pemilik apotek, Dwi Eni berdalih tidak tahu jika obat tersebut dilarang edar. Pihaknya mengaku hanya menyediakan obat tersebut lantaran ada permintaan masyarakat.

“Saya ndak tahu. Obat ini banyak yang nyari. Tu kalau dilihat, untuk obat kuat laki-laki,” katanya.

Kasi Penyidikan BPOM Denpasar, Ni Putu Naryati mengatakan, obat kuat yang ditemukan ini sudah dilarang beredar. Karena mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa menyebabkan kematian bagi pemakainya.

“Ada juga obat tradisonal yang dilarang beradar karena mengandung bahan kimia berbahaya,” katanya.

Selain obat kuat dan obat lain berbahaya, petugas juga mengamankan ratusan kosmetik yang mengandung bahan kimia yang bisa merusak kulit penggunanya. Kosmetik tidak layak pakai ini ditemukan di sejumlah warung dan toko yang ada di Kecamatan Melaya, Jembrana.

Semua obat dan kosmetik tidak layak edar ini langsung disita dan dibawa ke Balai POM Denpasar untuk di teliti lebih lanjut. Petugas Balai POM juga segera melakukan gelar kasus guna menindak lanjuti temuan tersebut secara hukum.

“Kami akan menindak lanjuti kasus ini. Terutama sesuai UU Perlindungan Konsumen dan UU Kesehatan,” urai Ni Putu Naryati. (don/res)