SEKTOR RIIL

Menteri Jonan Diminta Amankan Proyek-Proyek PLN agar Berjalan Baik

Ignasius Jonan.

Indonesiarayakini, Jakarta – Diangkatnya Menteri Jonan sebagai Menteri ESDM oleh Presiden Jokowi (14/10/2016) memberikan hawa segar bagi perkembangan energi di Indonesia termasuk menjaga perkembangan proyek-proyek listrik 35 ribu megawatt.

“Menteri ESDM Jonan harus bisa menjaga good will dari PLN dalam mengembangkan proyek PLN dengan prinsip kebijakan kehati-hatian,” kata Koordinator Indonesia Care Bunga Pratiwi di Jakarta, Senin (17/10/2016).

Menurut Bunga, belajar dari banyaknya proyek mangkrak yang dilakukan pihak swasta, maka kebijakan PLN mengambilalih proyek-proyek tersebut, dan memerintahkan anak perusahaannya mengeksekusi proyek.

“Termasuk Indonesian Power di Proyek PLN, Jawa 5 adalah niat baik PLN yang harus dijaga, tujuannya agar proyek terwujud dan tidak ada lagi proyek proyek yang mangkrak,” katanya.

Selain itu ketepatan dengan spesifikasi mesin pembangkit juga bisa dipertanggungjawabkan langsung oleh PLN.

Sebagai sama-sama orang berbasis keuangan, baik Menteri Jonan dan Dirut PLN Sofyan Basir tentunya punya irama yang sama soal logika efektifitas dan efisiensi sebuah proyek.

“Adanya beberapa kepentingan swasta yang ingin masuk lewat jalur pejabat, mengkhawatirkan, namun sudah bukan jamannya lagi,” kata Bunga.

Dia menambahkan, bila menggunakan jalur kekuasaan bisa-bisa proyek tidak jalan, karena banyaknya pungli terhadap proyek tersebut, ataupun hanya jadi bancakan para makelar, sehingga proyek gagal dieksekusi. (vin)