NUSA TENGGARA

2.000 Anak di Pulau Rote Dapat Kacamata Gratis

Astra bagikan kacamata gratis di Pulau Rote, NTT.

Indonesiarayakini.com, Nusa Tenggara Timur – PT Astra International Tbk melalui program GenerAKSI Sehat Indonesia (GSI) kembali menyerahkan bantuan kacamata dengan total sebanyak 6.000 buah untuk anak-anak di daerah perbatasan Indonesia.

6.000 kacamata dibagikan untuk anak-anak di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebanyak 2.000; Kabupaten Nunukan, Kepulauan Riau sebanyak 2.000; serta Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara, sebanyak 2.000.

Dengan penyerahan donasi di ketiga wilayah ini menambah total donasi Astra menjadi sebanyak 15.000 kacamata sejak tahun 2014 lalu ketika program GenerAksi Sehat Indonesia dimulai.

Kabupaten Rote Ndao adalah kabupaten dengan pulau paling selatan di Indonesia, menjadi lokasi pertama yang dikunjungi Astra. Kegiatan yang bekerjasama dengan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) ini dilaksanakan di SD Inpres 01 Ba’a.

Acara penyerahan kacamata tersebut dihadiri oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila Moeloek beserta jajaran, Wakil Gubernur NTT Benny Alexander Litelnoni, Bupati Rote Ndao Leonard Haning, Sekretaris Jenderal Perdami Amyta Miranty, Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas, para kepala Dinas kabupaten Rote Ndao serta para guru dan siswa-siswi di Rote Ndao.

Dalam sambutannya, Nila Moeloek, mengatakan, kebutaan merupakan salah satu masalah di kawasan Indonesia Timur karena paparan sinar ultraviolet yang lebih banyak. Penyebab kebutaan juga karena kurangnya kacamata, sehingga anak yang pandai pun akan terganggu karena tidak bisa melihat dengan jelas karena tidak adanya kacamata.

Selain itu, di Rote juga tidak ada optik, padahal melalui BPJS bisa membantu untuk mendapatkan kacamata. “Karena itu bantuan dari Astra ini diharapkan dapat membantu anak-anak Rote untuk menjadi lebih cerdas,” katanya.

GenerAKSI Sehat Indonesia sendiri yang telah dilaksanakan sejak tahun 2014 ini bertujuan mengajak masyarakat melakukan AKSI SEHAT untuk memperkuat paradigma sehat serta mengampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Program Keluarga Sehat yang digalakkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), baik melalui aksi olah raga, aksi makan buah dan sayur, aksi deteksi dini pemeriksaan kesehatan dan aksi sehat lainnya yang dilakukan bersama teman dan keluarga. Aksi-aksi tersebut sangat erat dengan tiga fokus kegiatan Germas, yaitu meningkatkan aktivitas fisik, konsumsi sayur dan buah serta deteksi dini penyakit tidak menular.

Pada tahun 2016 ini, Astra mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dengan mengunggah aksi sehat mereka bersama keluarga maupun teman di media sosial. Nantinya Astra akan mengonversikan setiap hasil unggahan aksi sehat tersebut menjadi sebuah kacamata yang akan didonasikan untuk anak-anak di wilayah perbatasan dan terluar Indonesia.

Pongki Pamungkas berharap melalui program ini akan semakin banyak masyarakat yang melakukan aksi sehat, sehingga semakin banyak anak-anak di wilayah perbatasan yang dapat melihat lebih jelas lagi untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.

Pada tahun 2014-2015, sebanyak 9.048 kacamata telah didonasikan ke lima wilayah perbatasan dan terluar Indonesia, yaitu: Sabang – Aceh; Entikong – Kalimantan Barat; Nunukan – Kalimantan Utara; Atambua – Nusa Tenggara Timur dan Merauke – Papua. (cep)