NUSA TENGGARA

Pesona Wisata Lombok (4) : Gemericik Air Terjun Benang Setokel dan Benang Kelambu di Geopark Rinjani

Indonesiarayakini.com, Lombok – Lombok selain punya pantai berpasir putih dan air laut yang sangat jernih, Lombok juga punya Wisata Geopark Rinjani, yaitu Wisata Air Terjun.

Air terjun yang suka dikunjungi wisatawan adalah air terjun Benang Setokel dan air terjun Benang Kelambu. Begini, laporan pandangan mata wartawan media ini Banny Rachman dan Putri Shavira.

DARI Kota Mataram menuju Wisata Air Terjun sekiar 1 jam perjalanan. Jalanan menuju lokasi Geopark Rinjani ini sudah bagus, dan pemandangannya sangat indah, kanan dan kiri jalan kita dapat melihat Gunung Rinjani dan persawahan milik warga.

Air Terjun Benang Setokel

Setokel itu artinya seikat, jadi Benang Setokel itu artinya seikat benang. Kenapa dinamakan Benang Setokel? Karena Air Terjun di sini mirip dengan seikat benang yang menyatu.

Untuk menuju Air Terjun Benang Setokel kita menanjak dengan anak tangga, sekitar 500 meter. Air Terjun Benang Setokel memiliki 2 air terjun yang berketinggian sekitar sekitar 30 meter.

Sekitar 750 meter ke bagian hulu atas dari lokasi Air Terjun Benang Setokel terdapat juga Air Terjun Benang Kelambu.

Air Terjun Benang Kelambu

Air terjun ini diberi nama Air Terjun Benang Kelambu karena terjunan airnya berbentuk seperti kelambu. Air Terjun Benang Kelambu ini berada di Kaki Gunung Agung, tepat di tengah-tengah Pulau Lombok. Air Terjun Benang Kelambu terletak sekitar 32 Kilometer dari Kota Mataram, atau sekitar 1 jam perjalanan.

Untuk menuju Air Terjun Benang Kelambu tersebut harus melewati jalan setapak sejauh 1 km (dengan waktu tempuh sekitar 30 menit) melewati hutan tropis dengan lembah dan bukit yang terjal.

Tapi semua terbayar dengan suasana yang sejuk dan damai. Jalan untuk menuju Air Terjun Benang Kelambu sudah dibangun, sebagian menggunakan anak tangga. Di sepanjang jalan menuju Air Terjun Benang Sekotel, banyak yang berjualan makanan ringan dan minuman.

Sesampainya di Air Terjun Benang Kelambu, rasa lelah terbayar dengan Air Terjun yang sangat Indah. Air Terjun Benang Kelambu ada tiga Air Terjun. Air Terjun Benang Kelambu ini bersumber langsung dari mata air.

Air Terjun Benang Kelambu tempatnya berbeda dengan Air Terjun Benang Setokel, di Air Terjun Benang Kelambu disediakan dua kolam bagi pengunjung yang ingin berenang atau sekedar duduk di pinggir kolam, sambil memandang indahnya air terjun. Di sini juga disediakan kamar mandi bagi pengunjung yang ingin berganti pakaian.

BACA LIPUTAN WISATA LOMBOK LAINNYA:

Pesona Wisata Lombok (1) : Melihat Langsung Geliat Wisata di Pulau Lombok

Pesona Wisata Lombok (2) : Dari Kerajinan Tenun, Gerabah, hingga Kuliner Khas Lombok yang Pedas

Pesona Wisata Lombok (3) : Belum ke Lombok Kalau Tidak Mengunjungi Gili-Gili, Ini Alasannya

Pesona Wisata Lombok (5) : Sensasi Lantai Rumah Sasak di Desa Sade, dari Kotoran Kerbau, Tidak Bau, Lembut, tapi Kuat

Setelah puas menikmati Air Terjun Benang Kelambu. Waktunya makan siang, pilihan jatuh pada Nasi Sukaraja, agak jauh dari lokasi Air Terjun, tapi makanan ini harus dicoba karena makanan khas Lombok.

Nasi Sukaraja adalah nasi campur yang hanya bisa ditemukan di Desa Sukaraja, Ampenan, Kota Mataram. Nasi Sukaraja merupakan salah satu makanan khas Lombok yang harus dicoba. Dalam satu porsi nasi Sukaraja ada Ayam Goreng, Ayam Pelalah, Sayur Beberok, Sayur Mentimun, dan Perkedel. (*)