ENTERTAINMENT

Duta Muda RI Unjuk Kemampuan di World Scholar’s Cup Global Round

Indonesia, Raya, Terkini, Kini, Berita, News, Tentang, Update, Sport, Wisata, Icon, Politik

Indonesiarayakini.com, Yunani – Delapan puluh siswa Indonesia tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas dari sembilan sekolah yaitu sekolah SDI Al Azhar 35 Surabaya, IPEKA Integrated Christian School, Jakarta Intercultural School, Mentari School Jakarta, Sekolah High Scope Indonesia, Semarang Multinational School, Sinarmas World Academy dan Tzu Chi Secondary School berkompetisi dengan 1400 siswa dari 41 negara pada ajang kompetisi akademis World Scholar’s Cup Global Round 2017 di Athena (18-22/7/2017).

Memenuhi undangan panitia, Dubes RI bersama dubes negara peserta lainnya menghadiri acara pembukaan. Disela acara pembukaan, secara khusus Dubes RI beramah tamah dengan para siswa dan guru delegasi Indonesia serta memberikan dukungan dan harapan kesuksesan dalam mengikuti kompetisi.

Delegasi menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas perhatian dan dukungan KBRI Athena serta bertekad untuk memberikan yang terbaik dalam kompetisi.

World Scholar’s Cup pertama kali diselenggarakan di Korea pada 2007 sebagai ajang kompetisi akademis yang mengusung konsep berbeda dengan ajang kompetisi akademis tradisional. World Scholar’s Cup mengarahkan para peserta untuk berkompetisi dengan joy of learning, memberikan penghargaan kepada seluruh peserta baik yang menang ataupun kalah, memberikan kesempatan luas dan motivasi kepada para peserta yang adalah generasi muda untuk tdak hanya mampu menunjukan kemampuan akademis yang dimiliki tetapi juga menemukan potensi diri yang dimiliki.

Terdapat empat cabang kompetisi yang dilakukan secara berkelompok yaitu debat terbuka, kemampuan menjawab pertanyaan dan tantangan multimedia, berargumen melalui tulisan, dan menjawab pertanyaan pilihan berganda. Para siswa yang berpartisipasi dalam ajang World Scholar’s Cup Global Round adalah mereka yang telah lulus kompetisi tingkat nasional dan memenuhi kualifikasi yang ditentukan panitia.

Keikutsertaan pelajar Indonesia dalam ajang kompetisi akademis internasional menunjukan kemampuan akademis pelajar dan lembaga pendidikan Indonesia untuk bersaing pada tingkat internasional. (nwi)