LAMPUNG

Kadis TPH Meninjau Lokassi Cetak Sawah Baru Bersama Rombongannya

Indonesiarayakini.com, Lampung – Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung Edi Yanto bersama rombongan melihat lokasi cetak sawah baru di Kecamatan Buay Bahuga, Bahuga, dan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan. Jumlah lahan cetak sawah baru di tiga kecamatan tersebut mencapai 350 hektare.

“Kita melihat lahan cetak sawah baru ini sudah sangat puas. Apalagi untuk di tiga kecamatan ini sudah mencapai 350 hektare. Belum ditambah di lokasi lainnya,” ujar Edi Yanto mantan kepala dinas Perkebunan Provinsi Lampung tersebut.

Menurunya, sebagai salah satu daerah yang menyuplai kebutuhan pokok beras di Provinsi Lampung sudah seharusnya dilakukan peluasan lahan pertanian. Apalagi hampir seluruh kabupaten Way Kanan merupakan lahan pertanian dan perkebunan.

Selain itu, Way Kanan juga menjadi salah satu daerah yang memiliki banyak lahan pertanian setelah Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Selatan, Pringsewu dan Pesawaran.

“Kalau sejauh ini yang sudah dilakukan adalah land clearing lokasi untuk lahan pertanian baru. Tinggal nanti dibuatkan saluran airnya saja,” jelas Edi.

Edi menjelaskan lahan yang ada di tiga kecamatan tersebut sudah hampir selesai 100 persen, hanya tinggal menyelesaikan semen tanggul yang akan dialiri air irigasi dari OKU Timur.

Kepala dinas TPH Provinsi Lampung ini mengharapkan agar masyarakat dapat mendukung kegiatan cetak sawa baru ini agar Way Kanan bisa menambah luas lahan pertanian serta bisa membantu daerah menjadi daerah terluas lahan pertaniannya di Provinsi Lampung. (tim)