JAWA BALI

Komunitas Jabar Sejati (KJS) Diharapkan Menjadi Pejuang Toleransi dan Pancasila

Indonesiarayakini.com, Bogor – Komunitas Jabar Sejati (KJS) adalah wujud kepedulian dan respon positif dari warga Jawa Barat untuk turut dan berpartisipasi secara proaktif untuk merajut dan merawat keindonesiaan dan kebangsaan.

“Kami merasakan, saat ini rasa kebangsaan kita sudah mengalami penurunan kualitas nya, bahkan sudah mengalami pembusukan diberbagai aspek kehidupan,” kata Ketua Umum Komunitas Jabar Sejati (KJS), Lintong Manurung, Selasa (12/9/2017).

Menurut Lindong, bentuk penurunan kualitas dan pembusukan nilai kebangsaan dan keIndonesiaan kita, dapat kita lihat dari maraknya perilaku dan tindakan-tindakan intoleransi, radikalisme dan bahkan dapat berujung kepada tindakan terorisme yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat diberbagai daerah di tanah air.

“Perang melawan Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme (IRT) ini harus kita menangkan untuk menjamin kelangsungan dan keberlanjutan pembangunan menuju terciptanya Indonesia yang bersatu, jaya, sejahtera dan berkeadilan sosial,” katanya.

Lintong menambahkan, gerakan untuk melawan IRT adalah wujud kepedulian dan partisipasi KJS untuk merajut dan merawat Kebangsaan dan keindonesiaan kita.

Dengan alasan itulah, KJS dideklarasikan, sehingga ada dengan langkah dan upaya nyata di tengah-tengah masyarakat Jawa Barat.

Setidaknya ada 3 langkah yang akan dilakukan. Pertama, merajut dan dan merawat Budaya Indonesia. Kedua, merajut dan merawat Kebhinekaan. Dan ketiga, merawat Ideologi Pancasila.

“Dalam program dan kegiatan nya kedepan, KJS akan menjadi komunitas yang independen (non partisan) dari warga jabar yang merupakan garda terdepan untuk meningkatkan nilai persatuan, kesatuan dan toleransi sesama anak bangsa,” kata Lintong.

Lingtong juga mengharapkan, keluarga besar KJS akan menjadi pejuang-pejuang toleransi dan menjadi warga teladan yang berpikir, berbicara dan bertindak toleran, cerdas dan taat azas dalam membangun hubungan dan berpartisipasi di tengah masyarakat. (rin)