NASIONAL

DPR Gelar Lomba Orasi “Kalau Saya Anggota DPR”Lomba Orasi “Kalau Saya Anggota DPR” Digelar DPR

Indonesiarayakini.com, Jakarta – Sekretariat Jendral dan Badan Keahlian DPR RI mencari bintang orasi dengan tema “Kalau Saya Anggota DPR”. Lomba ini akan berlangsung dari tanggal 22 – 23 November 2017 dalam acara Humas Layanan Publik Expo 2017 yang berlangsung di PSCC, Palembang.

“Ajang ini diharapkan dapat melahirkan anggota DPR masa depan, bahkan Soekarno muda. Sebab, publik sangat merindukan orator kelas dunia sekelas Soekarno yang terkenal pintar berorasi,” ungkap Kasubag Radio Parlemen Ibnurkhalid di PSCC.

Lebih lanjut, Ical sapaan akrabnya, mengungkapkan kesempatan ini merupakan momentum yang baik bagi generasi muda khususnya pelajar dan mahasiswa untuk menyampaikan aspirasinya sekaligus melatih orasi.

Selain untuk melatih mental peserta, sambungnya, lomba orator dipilih karena untuk menjadi anggota DPR, seseorang harus memiliki kemampuan istimewa dalam berbicara dan menyakinkan orang lain.

Terlebih arti Parlemen sendiri dari bahasa Perancis “Le Parle” yang berarti to speak atau berbicara. Kata inilah yang menjadi dasar parlemen sehingga muncul istilah Parlemen.

“Jadi, anggota parlemen seharusnya piawai untuk bicara menyampaikan pemikiran, ide, program lebih spesifik dalam mengawasi kinerja pemerintah,” jelasnya.

Lomba Orasi Bintang terbuka untuk kalangan umum, siswa dan mahasiswa. Tiga orator terbaik akan dinobatkan sebagai “Bintang Orator Televisi Radio Parlemen DPR RI” serta mendapatkan hadiah menarik. Selain orasi, stand DPR juga menyediakan fitur DPR Challenge untuk peserta yang mengunjungi expo layanan humas yang mulai dibuka pada hari ini, Selasa (21/11/2017).

Rencananya, pameran humas layanan publik akan dibuka secara resmi pada esok hari oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. (nwi)