NASIONAL

Longsor Brebes, Jokowi instruksikan petugas gerak cepat evakuasi korban

Longsor Brebes.

Indonesiarayakini.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka citas atasi musibah terjadinya longor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis (22/2/2018) pagi, yang mengakibatkan 5 orang tewas, dan 11 lainnya belum ditemukan.

“Berduka cita atas musibah longsor di Brebes. Saya sudah instruksikan instansi terkait bergerak cepat untuk evakuasi korban. Semoga keluarga korban dikuatkan,” tulis Presiden Jokowi dalam akun twitternya @jokowi yang diunggahnya beberapa saat lalu.

Longsor yang terjadi di Desa Pasir Panjang itu menerjang petani yang sedang bekerja. Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, menyebabkan 5 orang tewas, 14 orang luka-luka, dan 11 lainnya belum ditemukan.

“Evakuasi dan pendapataan masih dilakukan,” tulis Sutopo melalui akun twitternya @Sutopo_PN beberapa saat lalu.

Saat ini tim gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes, TNI, Polri, Badan SAR Nasional (Basarnas), Palang Merah Indonesia, Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan masyarakat terlibat langsung dalam pencarian, evakuasi dan penyelamatan korban.

Tim kesulitan mencari korban karena tanah masih bergerak, material longsor gembur, tebal, dan cukup luas. Sementara alat berat belum dapat digunakan untuk mencari korban. (nwi)