POLITIK

FSAB : Pancasila Harus Diterapkan dan Diteladankan

Indonesia, Raya, Terkini, Kini, Berita, News, Tentang, Update, Sport, Wisata, Icon, Politik

Indonesiarayakini.com, Jakarta – Ketua Forum Silaturahmi Anak Bangsa (FSAB), Suryo Susilo mengatakan bahwa Pancasila tidak cukup dipelajari, namun harus diterapkan dan diteladankan dalam kehidupan sehari-hari.

“Para pemimpin dan tokoh masyarakat harus bisa menjadi teladan dalam perilaku dan tindakan serta keputusan yang dibuat, sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,” kata Susilo, di Jakarta, Jumat (1/6/2018)

Menurut Susilo, para perumus Pancasila telah memberi teladan yang patut dicontoh, antara lain: bermusyawarah dalam mengambil keputusan, mendahulukan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan, menerima perbedaan pendapat, toleran terhadap perbedaan.

“Pada masa sekarang ini Pancasila juga harus bisa mem’bumi’ melalui keteladanan para pemimpin dan tokoh masyarakat, dengan keberanian memperjuangkan kebenaran, keikhlasan dan kerelaan berkorban untuk masyarakat yang membutuhkan, bertutur kata, dan berperilaku sesuai dengan Pancasila,” kata Susilo.

Susilo mengingatkan, bila nilai-nilai Pancasila tidak bisa hidup dalam keseharian para pemimpin dan tokoh masyarakat, maka Pancasila akan diabaikan dan di’singkir’kan sebagaimana terjadi pada awal reformasi. (*)