POLITIK

Di Luar Jawa, Cagub Pilihan Prabowo Subianto Berjaya

Direktur SPIN, Igor Dirgantara.

Indonesiarayakini.com, Jakarta – Cagub-Cagub Pilihan Prabowo Subianto di luar Pulau Jawa berjaya dengan memperlihatkan prestasinya dalam memenangkan hati rakyat, berdasarkan  hasil  quick count (hitung cepat) sementara berbagai lembaga survey.

“Setidaknya ada tiga daerah yang Cagub pilihan Prabowo yang berjaya yaitu Sumatera Utara (Sumut), Kalimantan Timur (Kaltim), dan Maluku,” kata Direktur SPIN Igor Dirgantara, di Jakarta, Rabu (27/6/2018).

Seperti diketahui, pasca pemungutan suara Pilkada serentak 2018 hari ini, sejumlah Cagub pilihan Prabowo di luar Jawa menang yaitu  pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah di Sumatra Utara, Isran Noor-Hadi Mulyadi di Kalimantan Timur, dan Murad Ismail-Barnabas Orno di Maluku.

“Saya kira ini  fenomena menarik menjelang perhelatan pemilu 2019, setelah kemenangan Anies-Sandi di Pilkada Jakarta 2017,” kata Igor.

Igor menambahkan,  figur Prabowo Subianto masih merupakan magnet elektoral bagi keunggulan masing-masing pasangan calon di Pilkada 2018.

“Di daerah-daerah penting lainnya, proses penghitungan suara  masih berlangsung ketat dengan selisih yang tidak begitu besar sebagaimana banyak diramalkan,” kata Igor.

Igor menilai,  hal ini bisa menjadi  prakondisi menguatnya Prabowo Subianto untuk kembali menjadi capres potensial 2019 menghadapi incumbent Presiden Joko Widodo.

Di pilkada 2018 saat ini, parpol-parpol bisa melihat bagaimana arah dari konstituennya. Elit Parpol juga bisa memprediksi peluang kemenangan pilpres 2019 dari hasil pilkada 2018

“Termasuk sebagai sarana pergerakan partai untuk konsolidasi terkait Pilpres 2019, terutama bagi partai-partai yang belum memutuskan arah dukungan, seperti Partai Demokrat, PAN, dan PKB,” katanya. (vin)